Tingkatkan Penjualan Dengan Digital Marketing

Tingkatkan Penjualan Dengan Digital Marketing

Membangun sebuah bisnis hingga menjadi sebuah kerajaan tidaklah mudah seperti membalik telapak tangan, apalagi hanya dengan semalam seperti candi Borobudur. Dibutuhkan waktu, usaha yang lebih, pikiran yang matang, dan juga mental tahan banting dan siap menghadapi berbagai macam halangan. Lantas, bagaimana cara memulai membangun bisnis usaha di era 2020? Yang katanya jamannya milenial dan serba digitalisasi?

Belajar digital marketing. Ya, digital marketing.

Apa sih yang dimaksud dengan digital marketing? Sebelum saya akan menjelaskan seperti apa itu digital marketing , ada kisah yang yang ingin saya ceritakan dan bisa diambil hikmahnya.

Kisah tersebut diangkat dari drama korea yang hits di tahun ini. Itaewon Class.

Drama ini mengangkat cerita tentang perjalanan seorang anak muda mantan narapidana yang kehilangan ayahnya. Alkisah ada seorang anak muda bernama Park Sae Royi dan karakter ini di perankan oleh Park Seo Joon, yang memiliki dendam kepada ketua jangga dan anaknya. Masa kelam Park Sae Royi membuatnya ingin membalas dendam. Dibantu dengan teman-teman terbaiknya; Squad Danbam (Itaewon Class), Sae Royi membangun kedai kecil di daerah Itaewon. Meskipun gagal berulang kali dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk sukses dan berhasil mengalahkan jangga, ternyata ada rahasia dibalik itu semua. Apakah rahasia tersebut?

Yakni Jo Yi Seo yang diperankan oleh Kim Da Mi. Ya, dengan keberadaan Jo Yi Seo sebagai manager di kedai kecil Danbam, namun bisa membaca peluang, taktik, dan mengatur strategi untuk kedai kecil mereka. Dengan memanfaatkan media sosial dan blog yang dimiliki oleh Jo Yi Seo kedai kecil danbam bisa banyak dikenal orang-orang. Apa hikmah yang bisa dipetik dari daram korea Itaewon Class? Jawabannya adalah ilmu, dan strategi yang dipunyai. Digital marketing dapat meningkatkan penjualan usaha bisnis yang anda punya.

Apa Yang Dimaksud dengan Digital Marketing?

Digital marketing atau pemasaran digital bisa dipahami sebagai sebuah upaya untuk menggaet calon pelanggan dengan menggunakan platform digital yang mempermudah anda berkomunikasi dan menawarkan berbagai macam produk hingga promo kepada konsumen. Dengan digital marketing ada berbagai macam platform yang bisa digunakan, seperti website, blog, dan juga media sosial yang mempermudah anda untuk membuat iklan, brosur online, hingga berbagai macam penawaran dengan bentuk digital.

Kenapa Harus Menggunakan Digital Marketing?

”Tidak menang pasukan tentara tanpa taktik” di berbagai macam aspek kehidupan, taktik adalah cara yang paling efektif untuk bersaing dengan para pesaing lainnya. Zaman semakin sulit maka harus lebih pintar lagi mengatur taktik dalam bersaing terlebih di era digitalisasi, semakin anda tidak mengerti teknologi, maka akan semakin kecil peluang anda untuk sukses.

Berikut beberapa alasan marketing sangat penting sebagai usaha anda untuk meningkatkan penjualan anda.

Dengan digital marketing, anda bisa membangun komunikasi anda dengan pelanggan dimana saja, dan kapan saja, tanpa perlu  harus bertemu secara langsung. Ya, dengan adanya digital, anda dapat dengan mudah berkomunikasi, semakin lihai anda berkomunikasi dan dapat dipegang, tentunya kepercayaan pelanggan kepada bisnis usaha anda akan semakin tinggi, berikut dengan tingkat penjualan anda pastinya.

Jangan kecewakan pelanggan anda. Pelanggan anda adalah sumber pundi-pundi bisnis usaha anda. Maka tetap jaga kepercayaan mereka, dan lihat ulasan testimoni yang diberikan nantinya bisa mendatangkan pelanggan yang lebih banyak.

Kemudahan untuk menemukan bisnis usaha anda. Dengan adanya digital, anda mempunyai fitur CTA (Call to Action) seperti nomor yang bisa dihubungi dengan sekali ketukan. Dengan begitu pelanggan dapat dengan mudah menemukan anda untuk bertanya-tanya tentang bisnis usaha anda. Dengan digital marketing, semua bisa menjadi lebih mudah bukan?

Strategi Digital Marketing

Dengan strategi digital marketing yang mumpuni, mau usaha yang kecil ataupun besar, UMKM atau bahkan multi-nasional pasti bisa bersaing dan mampu meningkatkan penjulalan lebih tinggi. Apa saja strategi digital marketing yang anda bisa terapkan untuk bisnis usaha anda?

Context

Buat konteks yang sesuai dengan tema dan juga konsep bisnis anda. Tentukan para penanggung jawab dari bisnis anda, seperti apa bisnis usaha anda akan di pasarkan nantinya, dan juga seperti apa konteks yang akan dilihat oleh calon pelanggan sehingga bisnis usaha anda akan lebih mudah untuk diingat.

Value Exchange

Bagaimana pelanggan menilai usaha anda tergantung bagaimana cara anda memasarkan dan juga mampu memberikan nilai yang bagus di mata pelanggan. Jadi, bukan hanya menjual produk namun juga mencari pelanggan setia. Ketika anda mempunyai pelanggan yang setia, bisnis usaha anda juga akan mengalami peningkatan penjualan.  Itulah yang dinamakan dengan value exchange digital dan percaya pelanggan akan setia dengan produk-produk bisnis usaha yang anda punya.

Objectives

Objectives disini adalah tujuan-tujuan yang bisnis usaha anda ingin raih dengan digital marketing. Disini bisnis usaha yang anda miliki harus mempunyai tujuan yang jelas dengan persiapan yang matang. Bagaimana caranya agar anda bisa menilai tujuan dari bisnis usaha anda? Anda bisa menggunakan Key Performance Indikator (KPI) untuk mengetahui profit, cost, pendapatan LOB (Line of Bussiness), target, biaya akuisisi pelanggan, menghitung presentase cacat produk, hingga menilai kepuasan karyawan yang bekerja untuk bisinis usaha anda.

Tactics

Gunakan setiap taktik untuk meningkatkan efektifitas penjualan anda. Setiap taktik dalam dunia pemasaran digital mempunyai fungsinya masing-masing. Oleh karena itu seperti apa taktik itu dan bagaimana fungsinya?

Buatlah website untuk bisnis usaha anda dengan optimasi SEO (search of optimisation). Penggunaan SEO pada website bisnis usaha yang kamu punya, akan membuat bisnis usaha kamu lebih mudah ditemukan di mesin pencarian.

Karena dunia digital adalah up to date, maka setidaknya bisnis usaha yang anda punya juga harus gencar mempromosikan produk-produk tiap harinya. Jika anda tidak mempunyai stok foto produk yang terbaru, anda bisa mengakalinya dengan membuat artikel, ulasan, atau bahkan testimoni pelanggan untuk ditambahkan, jika anda tidak rajin, maka jangan berharap bisnis usaha anda bisa mejeng di urutan pertama pada search engine.

Lakukan promosi di banyak platform digital. Pelanggan anda tidak mungkin hanya bermain satu media sosial saja bukan? Nah, dengan mengoptimalkan pemasaran dengan berbagai macam platform digital, peluang bisnis usaha anda untuk dikenal oleh calon pelanggan juga semakin besar. Luangkan waktu lebih untuk rajin meng-update produk bisnis usahamu tiap hari ya, tapi ingat, jangan juga sampai menge-spam agar tidak dianggap mengganggu.

Review kembali grafik pelanggan anda. Ketika terlalu berusaha menjangkau grafik hasil penjualan anda seberapa tinggi di bulan ini, jangan lupa untuk meriview kembali bulan sebelumya. Mengapa? Karena dengan meriview kembali grafik pelanggan, anda bisa mengetahui lebih jelas produk-produk seperti apa yang lebih banyak diminati? Apakah mereka puas dengan produk bisnis usaha anda? Apakah produknya pricey? Atau bisa dijangkau semua kalangan? Oleh karena itu, review atau journey penjualan anda bisa menjadi bahan pertimbangan untuk melancarkan strategi lainnya di bulan depan kemudian.

Perlu kah meng-endorse influencer? Siapa yang saat ini sudah tidak asing lagi dengan selebgram? Banyak testimoni dari beberapa pelaku usaha yang sudah menggunakan jasa seorang influencer terkenal untuk memasarkan produknya dan laku keras. Tapi perlu diingat, penggunaan jasa seperti influencer juga membutuhkan modal yang tidak sedikit, tapi tidak dibilang juga terlalu mahal. Memang ada beberapa yang bisa membantu mempromosikan hanya dengan cukup mengirimkan produk kita tanpa biaya tambahan lain. Namun, semua kembali kepada pelaku usaha, kalkulasikan kembali modal yang anda punya, agar jangan sampai anda hanya fokus mengejar agar bisa di promosikan oleh influencer. Optimalkan dulu yang lainnya, jika keuangan bisnis anda sudah stabil, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa influencer.

Yang terakhir, jangan lupa evaluation.

Evaluasi kembali apa yang sudah anda buat, lihat kembali apakah strategi yang anda gunakan sudah matang? Hitung kembali modal bisnis usaha anda, evaluasi lagi semuanya. Agar anda bisa menilai yang mana yang sebaiknya anda ambil dan yang mana harus diganti. Karena digital marketing bersifat up to date maka anda juga harus bisa fleksible dan dinamis melihat peluang yang ada dengan begitu semoga bisnis usaha yang anda mengalami peningkatan penjualan.

Jadi, bagaimana? Mudah bukan meningkatkan penjualan dengan digital marketing?

Penulis: Suryani Palamui

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *